Hikmah Gerakan Wudhu

  • Whatsapp

Perlu kita ketahui bahwa Alquran sudah lebih dahulu membahas ilmu kesehatan dibandingkan teknologi modern saat ini. Banyak aspek yang telah diajarkan mengenai ilmu kesehatan  oleh Al-quran, mulai dari pola hidup yang sehat, kecantikan, dan lain-lain. Kali ini penulis akan membahas tentang gerakan wudhu dalam Alquran dan hikmahnya dilihat dari ilmu kesehatan. Dalam surah al-Maidah ayat 6 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Read More

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (QS al-Maidah: 6)


Dari ayat tersebut  penulis akan membahas gerakan wudhu dan hikmah kesehatan dari gerakan tersebut :

Berkumur-kumur saat wudhu

Berkumur-kumur saat wudhu menjadi sunah dalam berwudhu, berkumur-kumur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mulut, terutama menjaga dari bau mulut berlebihan.  

BACA  Konsep Tawakkal Syekh Zarruq

Para ilmuan kesehatan  modern pun telah membuktikan bahwa berkumur dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi karena dengan berkumur akan membantu membersihkan sisa-sisa makan yang menempel di mulut.

Membersihkan hidung

Orang yang senantiasa berwudhu dengan baik, maka hidung mereka akan benar-benar terbebas dari segala kuman yang dapat menimbulkan berbagai penyakit serta mencegah kuman berpindah atau masuk ke dalam sistem pernapasan.

Berdasarkan hasil penelitian salah satu komite kongres antar Negara-negara Islam di Kairo mengungkapkan bahwa membersihkan hidung sebanyak 5 kali setiap wudhu dapat menjaga kenyamanan rongga-rongga hidung dari penyakit infeksi peradangan, sehingga dapat melindungi organ-organ tubuh dari serangan kuman yang bersarang dalam rongga hidung manusia.

Membasuh muka

Dengan membasuh wajah, akan membebaskan wajah dari segala jenis kotoran.

Membasuh kedua tangan

Saat beraktifitas setiap hari maka tangan akan mudah mengeluarkan keringat, hal tersebut jika tidak di bersihkan maka akan menimbulkan tumbuhnya bakteri akibat sisa keringat yang menempel tersebut. Membersihkan kedua tangan saat berwudhu merupakan hal yang sangat praktis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sisa keringat tersebut.

Menurut pakar ilmuwan, membasuh kedua tangan dapat membuang energi buruk yang ada di dalam tubuh manusia melalui ujung jari yang dialiri air. Pada tangan sampai siku juga terdapat titik akupuntur yang bisa menyembuhkan penyakit pada dada, paru-paru, tenggorokan, lambung, dan anggota gerak lainnya. Selain itu, titik-titik tersebut juga bisa menghilangkan rasa cemas.

Membasuh sebagian rambut atau kepala

Membasuh sebagian rambut atau kepala  ketika wudhu ternyata dapat membuat otak menjadi lebih jernih dalam berfikir, mempertajam ingatan, mencegah kerontokan rambut serta bisa terhindar dari penyakit pikun. Hal ini bisa terjadi karena pada area tersebut terdapat titik-titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia.

BACA  Catatan Kemanusiaan

Membasuh kedua telinga

Sering kali kita temukan kotoran yang tersumbat di dalam telinga,  jika tidak di bersihkan maka akan mengganggu pendengaran. saat berwudhu maka debu dan kotoran tersebut yang menempel di sela-sela dan daun telinga akan terangkat. Bukan hanya itu, pada telinga pun terdapat titik akupuntur jadi selain dapat membersihkan debu dan kotoran membasuh telinga dapat merangsang titik pendengaran dan keseimbangan telinga.

Membasuh kedua kaki

saat membasuh kaki ketika berwudhu maka hal itu akan membantu penjegahan tumbuhnya jamur pada kaki, bukan hanya itu saat membasuh kaki juga akan membantu mereflexikan titik akupuntur yang ada pada kaki pijatan saat wudhu akan membantunya mencegah berbagai penyakit. 

Pijatan tersebut juga bisa mengaktifkan kembali aliran darah di pembuluh darah di bawah kulit. Orang yang membasuh kaki sampai telapak kaki dengan air dapat memunculkan perasaan tenang dan nyaman ketika telah selesai wudhu. Tentu saja hal ini bisa membuat orang tersebut terbebas dari bertumpuknya emosi psikologi yang buruk.

Tanggapan Anda

Related posts