Meraih Jiwa Muthmainnah

  • Whatsapp

Dalam meraih jiwa mutmainnah atau jiwa yang tenang (santuy), semuanya ada tahapan dan tantangannya. Setiap insan pasti ingin memiliki hati yang tenang dan tentram, tidak ada yang ingin gelisah. Ada beragam cara untuk bisa meraih jiwa mutmainnah.

Cara mendapat hidup tentram diantaranya adalah berperasangka baik kepada Allah. Jika kita berperasangka baik dan mengaharapkan ridho Allah SWT atas pemberian sesuatu, maka hidup pun akan terasa lebih ringan.

Read More

Setelah berperasangka baik, kunci mencapai jiwa yang tenang adalah memohon ampunan dari segala dosa. Imam Ali Karramallahu Wajhah berkata; “Janganlah engkau lihat dosa kecil atau besarnya, akan tetapi lihatlah kpd siapa kamu berdosa “. Dalam tutur kata lainnya dari beliau: “Dosa yg terbesar adalah, dosa kecil yg di remehkan.” Oleh karena itu cepat bertaubat adalah kunci mencapai kebahagaiaan, dan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mengulanginya lagi.

Sebab yang harus jadi catatan, rahmat Allah dan ampunan Allah swt itu lebih besar daripada dosa sebesar apapun. Semoga kita semua dosanya di ampuni oleh Allah swt sebelum memasuki bulan suci, agar kita meraih jiwa (atau jiwa yang tenang).

Dan begitu juga, untuk menempuh jiwa yang tenang kita perlu meminta maaf kepada sesama, entah itu kepada teman , saudara dan lain senbagainnya. Karena hal tersebut berkaitan dengan dosa yang mana Allah swt tidak akan mengampuni dosa tersebut jika kita bleum memiinta maaf kepada orang yangg kita dzolimi.

Dan yang terakhir dari pembahasan adalah ujian dari Allah swt hendaknya kita hadapi agar diterima dengan lapang dada. Kalau kita berprasangka baik kpd Allah swt maka semua ujian yang kita hadapi pasti akan terasa ringan. Kenapa demikian? Karena hamba tersebut telah berpikir positif kepada Allah swt bahwasannya ia ingin mencegah hambanya agar tidak lupa kepada-Nya.

BACA  Al Habib Abu Bakar Az-Zabidi Jelaskan Kebiasaan Ulama Salaf Perihal Menjama' Shalat

Selain itu, perlu jadi catatan bahwasanya musibah atau ujian dari Allah swt adalah suatu hal yang mana Allah swt ingin hambanya selalu ingat kepadaNya.

Tanggapan Anda
  • Whatsapp

Related posts