Mengenal Lembaga Zakat di Indonesia Berikut Ranking Websitenya, NU CARE-LAZISNU Nomer Berapa?

  • Whatsapp

Indonesia pernah dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia, tepatnya pada tahun 2018, menurut sebuah survei yang dikeluarkan oleh lembaga charity di Inggris yaitu Charities Aid Foundation (CAF).  Dalam laporannya tentang CAF World Giving Index per Oktober 2018, Indonesia menempati posisi teratas dari 144 negara yang disurvei oleh lembaga ini (Kompas.com).

Menurut sebuah jurnal antroplogi (Etnovisi, 2005), kedermawanan atau tradisi filantropi sebetulnya sudah menjadi sifat masyarakat Indonesia lewat sikap saling-bantu atau gotong royong. Kegotong royongan dalam kehidupan masyarakat Indonesia diyakini sebagai pranata asli dan merupakan salah satu bentuk solidaritas khas masyarakat agraris.

Read More

Di era digital ini, kegiatan berderma atau beramal massif dilakukan, dengan memanfaatkan internet, seperti lewat website ataupun aplikasi. Pada tahun 2017, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pun melaporkan surveinya, bahwa pemanfaatan internet menyentuh kegiatan amal, dengan prosentase sebesar 16,31%.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa badan atau lembaga yang memanfaatkan internet untuk mengoptimalkan penghimpunan dana sosial-keagamaan berupa zakat, infak, sedekah atau donasi melalui website. Berikut ini daftar lembaga zakat di Indonesia beserta websitenya, yang diurutkan berdasar ranking Alexa (Alexa Traffic Rank), per tanggal 17 Juni 2020, antara lain:

  1. BAZNAS (baznas.go.id). Rank: 1.217
  2. NU Care-LAZISNU (nucare.id). Rank: 2.836
  3. Dompet Dhuafa (dompetdhuafa.org). Rank: 3.168
  4. Rumah Zakat (rumahzakat.org). Rank: 3.535
  5. Aksi Cepat Tanggap (act.id). Rank: 3.874
  6. Yatim Mandiri (yatimmandiri.org). Rank: 14.097
  7. LAZISMU (lazismu.org). Rank: 15.819
  8. Rumah Yatim (rumah-yatim.org). Rank: 16.623
  9. Daarut Tauhid Peduli (dtpeduli.org). Rank: 17.033
  10. Inisiatif Zakat Indonesia (izi.or.id). Rank: 23.399
  11. Baitul Maal Hidayatullah (bmh.or.id). Rank: 28.227
  12. PPPA Daarul Qur’an (pppa.or.id). Rank: 48.514
  13. Nurul Hayat (nurulhayat.org). Rank: 48.792
BACA  Covid-19 Belum Tuntas, Kenapa Bahas RUU HIP?

Masih ada lembaga lain seperti Human Initiative (human-initiative.org) dan LAZNAS Dewan Da’wah (laznasdewandakwah.or.id).

Hanya saja, di Alexa data traffic rank Indonesia kedua lembaga tersebut belum tersedia. Alexa Traffic Rank sendiri adalah alat pengukur peringkat website yang ditawarkan oleh Alexa.com.

Jadi, semakin rendah angkanya, maka nilainya semakin baik, misalnya, peringkat 5 lebih baik dari peringkat 10. Alexa Rank merangking popularitas jutaan website di dunia dengan cara menghitung dan mengkombinasikan jumlah pengunjung website setiap hari dengan jumlah pageview dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

Semakin tinggi peringkat web nya, maka lembaga tersebut lebih populer dan kredibel dalam menyalurkan zakat dan infaq masyarakat.

Ini jadi kabar gembira bagi masyarakat Nahdliyin, bahwa lembaga zakat milik NU, NU CARE-LAZISNU mampu berkontribusi dengan menduduki peringkat nomor dua rank zakat Indonesia di bawah Baznas. Ini menandakan NU CARE-LAZISNU menjadi lembaga yang amanah dan mampu menjaga kepercayaan masayarakat. Selain itu, hal tersebut menandakan kalau filantropi atau kedermawanan masyarakat dikalangan Nahdlatul Ulama sangat tinggi.

Tanggapan Anda
  • Whatsapp

Related posts