Tentang

Nyarung[dot]id adalah sebuah situs web opini santri yang santun, kritis dan mbeling. Situs ini juga dibuat untuk menghangatkan kenangan, kesedihan, kegembiraan, juga segala yang membuat jatuh cinta pada dunia santri maupun pesantren. Selain itu, situs ini adalah pembuktian bahwa seorang santri bukanlah pencari ilmu yang kolot dan tak pernah tahu perkembangan zaman, melainkan ujung tombak kemajuan sebuah bangsa. Meskipun berada di penjara suci, santri selalu melek isu dan menjadi bagian dari perkembangan serta perubahan zaman.

Tidak berhenti sampai di situ, dalam situs ini, kami ingin memfasilitasi pesantren di seluruh pelosok negeri untuk mempublikasikan informasi atau berita terkait pesantrennya, baik berita acara, informasi penerimaan santri baru, atau segala sesuatu yang bersangkutan dengan kepentingan pesantren terkait. Serta, mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai pesantren yang diinginkan dengan semudah dan sedetail mungkin.

Selain menyajikan artikel seputar keseharian santri dan informasi mengenai pesantren, dalam website ini juga dilengkapi kemudahan mendapatkan berbagai literatur kitab klasik hingga kontemporer, berbagai referensi keilmuan, forum silatur rahim santri se-Nusantara, life style, ceramah para kiai dan berbagai sajian yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan pesantren di Indonesia.

Rubrikasi

Rubrik opini berisi gagasan, wacana dan kritik terhadap segala kondisi yang sedang atau sudah terjadi.

Rubrik ini berisi tulisan mbeling bergaya sarkas dan satire. Pembaca yang budiman jangan baper ketika berhadapan dengan semua tulisan dalam rubrik ini. Ambil saja hikmahnya.

Berisi kritik spesifik yang membangun terhadap lembaga, organisasi dan institusi kemasyarakatan. Rubrik ini kadang terasa pedas, kadang juga membuat geleng-geleng kepala.

Sebuah kanal yang memberikan rekomendasi, khususnya bagi santri, dalam menjalani kehidupan sehari-hari, baik di pesantren maupun di masyarakat. Kadang berisi tulisan yang remeh, tapi sangat penting.

Rubrik khusus bagi para pecinta kajian. Berisi ikhwal permasalahan hukum keseharian dalam Islam.

Kami punya mimpi membuat direktori pesantren dari Sabang sampai Merauke dengan sedetail-detailnya. Direktori ini nantinya akan mempermudah user untuk menemukan pondok-pondok di daerah yang diinginkan lengkap dengan informasi baik ideologi, kitab, maupun pengajaran. [tahap develop, sabar hyaaa]